DI DALAM LEMBAH KEHIDUPAN






Judul          : Di Dalam Lembah Kehidupan  

Penulis        : Hamka

Penerbit       : Gema Insani

Tahun Terbit   : 2017

Jumlah Halaman : 194 halaman




          Karya Buya Hamka selalu mempunyai tempat istimewa di hati para penggemarnya. Tak hanya tafsir-tafsir, tapi juga karya sastranya juga sangat banyak diminati. Salah satu karya sastranya, yaitu kumpulan cerpen Di Dalam Lembah Kehidupan yang diterbitkan Gema Insani pada tahun 2017 ini.


Di Dalam Lembah Kehidupan, sebuah kumpulan cerpen yang mampu mengusik rasa empati kita sebagai pembaca sekaligus manusia yang lekat dengan istilah makhluk sosial. Kenapa? Karena kumpulan cerita pendek yang terhimpun di dalamnya mengisahkan problematika dan keprihatinan sekelompok masyarakat di antara gemerlapnya kehidupan sekelompok yang lain. Ya, kisah yang sebenarnya banyak kita temui di kehidupan sehari-hari.

Bagaimana kehidupan sebuah keluarga tidak mampu harus bertahan hidup dalam sakitnya. Kehidupan seorang Wongso dan keluarganya yang memprihatinkan. Tak lama dalam sakitnya, Wongso meninggal dunia karena kelaparan dan terlambat ditangani dokter. Sementara saat melewati pasar malam untuk menuju pemakamannya, sekelompok manusia yang lain, yang hidup serba kecukupan, sedang  bersiap-siap dengan gembira datang ke pasar itu.

Tak jauh beda dari kehidupan di dalam lembah yang dialami keluarga Wongso. Ada si kecil Sufyan yang harus merasakan nasib sedemikian pahit. Ayahnya yang bernama Syarif harus dilarikan ke rumah sakit jiwa karena depresi atas konflik dan perpisahannya dengan sang istri. Sementara Mala, ibu Sufyan yang juga istri dari Syarif pergi entah ke mana demi ego dan arah hatinya. Tinggalah Sufyan bersama seorang nenek yang sejak dulu menjadi pengasuhnya, hidup berjuang menjadi penjual es lilin. Kesepuluh cerpen lainnya bisa ditelusuri selengkapnya hanya di kumcer Di Dalam Lembah Kehidupan karya Hamka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar