SALAH ASUHAN





Judul                          : salah Asuhan
Nama pengarang       : Abdoel Moeis
Angkatan                   : 1920 (Balai pustaka)


Hanafi adalah pemuda asdal solok, minangkabau, sumatera barat. Ia seorang yatim yang tinggal bersama ibunya,mariam. Kemudian ia disekolahkan di betawi HBS (Hoogere Burger School) oleh ibunya. Ibunya berusaha keras untuk menyekolahkannya,ia juga dibantu oleh sultan batuah.

Kehidupan hanafi telah terpengaruhi oleh kebudaan belanda. Karena ia dititipkan di keluarga berdarah belanda saat ia lulus pun ia juga bekerja di salah satu kantor asisten residen yang bertempat di solok.

Di solok ini, ia jatuh hai pada Corrie, gadis berdarah Indo-Perancis belanda. Ternyata corrie juga mencintai hanafi. Tetapi karena hanafi adalah darah pribumi dan memiliki kebudayaan yang berbeda, ia menolaknya pada saat hanafi menyatakan cinta. Akhirnya hanafi pun terpaksa menikah dengan seorang gadis bernama Rapiah, gadis pilihan ibunya. Karena ibu hanafi juga berutang budi pada ayahnya rapiah.

Setelah 2 tahun menikah, ia pergi ke betawi. Ia pun menikahi corrie. Tetapi pernikahan tersebut tak seindah yang dibayangkan oleh hanafi. Ia menuduh istrinya telah selingkuh dengan laki-laki lain. Ia pun juga mengusir istrinya dari rumahnya. Coorie pun jatuh sakit dan meninggal dunia. Ia pun hampir frustasi dengan keadaan seperti itu.

Akhirnya hanafi pergi ke padang dan menemui ibunya. Ibu hanafi pun senang melihat anaknya sudah kembali pulang. Namun, rapiah sudah tidak ada. Rapiah sudah pergi e bojol ke rumah ayahnya. Rapiah menyambut hanafi dengan hati biasa saja. Apabila ia berkenan ia boleh tinggal bersamanya tetapi ia menolaknya.

Dipikir-pikir hidupnya, hanafi merasa bersalah pada corrie dan rapiah. Dia sudah tega mengusir corrie dan juga telah menyia-nyiakan rapiah. Ia pun bunuh diri dengan meminum 4 sublimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar